Selasa, 13 November 2012

Tetap Ucapkan Terima Kasih

Sudah kuberitakan berkali-kali bahwa saya adalah ABG (Aku Bakul Gedang). Seperti kebanyakan komoditas buah yang lain, pisang mempunyai ketahanan segar paling lama 3 atau 4 hari, artinya secara alami akan mudah menjadi busuk. Sehingga kita harus berpacu dengan waktu untuk menjualnya. Nah sekarang bayangkan saja jika seorang pelanggan yang sehari sebelumnya memesan 25 box (@ 11 kg) atau seberat 275 kg tiba-tiba dibatalkan dalam kondisi komoditas sudah ada digudang anda. Panik dan kelabakan bukan?

Memang di dalam bisnis ada pepatah pembeli adalah raja. Namun dalam hal ini pembeli sudah memesannya dan kelemahan kita tanpa ada uang pangkal/muka, semua tergantung kepada kepercayaan omongan. Masak pembeli sebagai raja menelan ludah sendiri? Dan itu sering terjadi bukan?

Awalnya saya mau menggerutu panjang pendek, misuh-misuh entek golek kurang amek (Bhs Jowo). Tapi toh tidak menyelesaikan masalah stock pisangku yang menumpuk. Dalam sekelebat saya harus bisa berpikir positip. Padahal menurut pemikiranku, saya sudah menolong dia akan kebutuhan pisang itu, boro-boro minta maaf apalagi terima kasih, dia malah balik memberikan potensi kerugian padaku.

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti itu juga. Sering orang masih mengharapkan kata terima kasih, tapi di sisi lain kata terima kasih mulai banyak hilang di mulut manusia abad ini. Pertolongan sahabat seringkali dianggap sebagai sesuatu yang seharusnya dilakukan. Kalau tidak ditolong langsung marah dan mengatakan sahabatnya tidak setia kawan. Banyak orang dikuasai oleh egoisme diri dan meminta orang lain memenuhi kebutuhannya tanpa mau terbuka atas kesulitan dan kebutuhan yang lain.
 
Tetaplah ucapkan terima kasih dengan tulus kepada pelanggan yang justru berpotensi merugikanmu sekalipun sambil senantiasa berdoa, terima kasih Tuhan atas aneka pertolonganMu dalam seluruh perjalanan sejarah bisnisku, hidupku. Amin.

Pelanggan, Warung Buah Di Pasar

Pelanggan, Toko Buah

Pelanggan, PKL Buah

Pisang Emas Bergelantungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar